Balangan Beach…tetangga Dreamland

Setiap tahun pulang ke Bali selalu dapet tujuan keluyuran baru. Tahun sebelumnya saya keluyuran sekitaran Jimbaran, ke Pantai Pandawa yang sekarang mulai ngetop atau ke Padang-padang beach tempat syuting mbak Julia Robert. Dulu sih udah pernah denger nama Balangan, tapi kata adik saya itu mah daerah jin buang anak. Tapi tahun ini rasa ingin tau saya membuat saya memutuskan menyambangi tempat ini.

Dari Ubud dah sore, saya menuju jalan Uluwatu. Kalo mau yang singkat dan lancar, enakan masuk dari by pass Nusa Dua belok kanan di KFC Jimbaran masuk ke kampus Udayana. Dari sana nembus ke jl. uluwatu deket GWK. Masih terusin dikit nanti ketemu pertigaan deket Swalayan Nirmala, belok kanan (kalo ke kiri ke pantai Pandawa). Ada plang petunjuknya kok. Dari perempatan ini masuk agak jauh (sama kayak ke Padang-padang) dan jalannya sempit tapi mulus.

Saya sudah pesan tempat di Balangan Cottage. Kembali saya kecele, kirain di pinggir pantai ternyata masih harus 10 menit bermobil lagi dari hotel baru kita dapet pantai. Ternyata memang kebanyakan hotel-hotel letaknya jauh dari pantai. Memang sih di pantai ada beberapa bar & klub yang ada penginapannya tapi kumuh banget. Balangan Cottage sendiri lumayan bagus dengan rate 300 ribuan dapet sarapan pancake yang lumayan enak.

Pantai Balangan itu masuknya kayak Dreamland. Parkir di bukit pnggir tebing, kita bisa liat pantai di bawah yang berpasir kekuningan. Viewnya bagus, banyak yang foto prewed di sini. Kita bisa ke tebing yang agak menjorok ke laut, mengingatkan saya akan Malimbu di Lombok atau Promthep Cape di Phuket (hehe sori ya saya suka banding-bandingin tempat, supaya lebih kebayang bagi yang udah pernah datengin).

Setelah puas berfoto-foto di atas kita turun ke pantainya. Pasirnya berbulir besar kayak merica tapi bersih. Hanya saja susah berenang karena di bagian tengah banyak karangnya. Jadi memang enaknya main ombak di pinggir aja, berbaring-baring diseret ombak yang lumayan gede.

Anis mandi ada tempat bilas di warung di atas deket tebing. Bayar 3000 per orang. Trus makan Indomie deh sekalian makan malam. Dan kita jadi pengunjugn terakhir di pantai itu. Kembali ke hotel udah gelap…bener-bener gulita. Rada serem juga sih. Di hotelnya cuma ada 1 tamu lagi di sebelah kamar kita. Sisanya gelap…lap. Tapi karena kecapean kita tertidur dengan mudah.

Besok paginya buru-buru ringkes-ringkes karena janji ngebalikin mobil rental di Kuta pagi-pagi. Sempet datengin pantainya lagi abis sarapan, eh mobilnya malah keperosok di lumpur. Untung ada bule yang ngebantu dorongin mobil kita hehe…

Yah begitulah, cuma bentar banget di Balangan. Tapi menurut saya cukup lah. Kayaknya memang paling asik tuh berlama-lama di Kuta. Bisa main body board sepuasnya, main pasir, pijat, tattoo, tidur di bawah pohon, sampai shopping.but Balangan offers another good experience. i love it too!

Pos ini dipublikasikan di Bali, Jalan-jalan, Keluarga dan tag , , , . Tandai permalink.