Pantai Pandawa Bali

Earlier story (28 Jan 2012):
Ada yang pernah tau Pantai Pandawa? Saya waktu pulang ke Bali minggu lalu juga ngga tau sebelumnya tentang pantai ini. Ok, supaya yang belum tau jadi tau saya tulis di sini deh.

Minggu lalu saya berencana mau explore daerah Jimbaran Uluwatu. Pilihan saya cukup tepat karena ternyata waktu menginap di Legian, pantainya saat ini mengecewakan, banyak sampah. Ngga kayak di Kuta yang walau pun dapet sampah kiriman juga, tapi semua pada gotong royong bersihin sampah, di Legian ngga ada orang yang bersihin. Males banget main di pantai yang penuh sampah plastik dan kayu, yang kalo kebawa deburan ombak menghantam kaki kita malah bahaya. Yah, begitulah kalo lagi angin barat, kata orang di pantai. Eh kok malah ngomongin ini ya. OK, kembali ke laptop.

Saya punya tujuan ke pantai Green Bowl. Pada ngga tau ya? Kalo Bali Cliff tau dong…itu hotel punya keluarga Cendana yang sekarang dah tutup. Nah, saya ke sana dengan iringan hujan yang rintik kadang deras. Jalan masuk kalau dari arah By pass Ngurah Rai ke Nusa Dua, nanti lampu merah yang ada McD dampingan ama KFC, ambil jalan yang sebelahnya KFC, nanti masuk ke Universitas Udayana. Jalan ini lebih singkat, ikutin aja terus sampai ketemu pertigaan yang kanannya ada POM Bensin, belok kiri ke arah Uluwatu. Lewatin GWK, nanti ada pertigaan persis sebelum Supermarket Nirmala, papan petunjuknya tertulis belok kiri ke arah Nusa Dua. Ikuti aja nanti ada petunjuk ke Bali Cliff. Nanti ada pertigaan lagi kita ambil yang lurus, mentok ketemu gerbang Bali Cliff. Di sebelahnya ada jalan ke pura. Dari pura itu ada tangga turun ke pantai..itulah Pantai Green Bowl.
Terus ada apa di Green Bowl? Waduh sayangnya hari itu hujan agak deras dan tangga ke bawah curam dan licin, jadi saya ngga berani ambil resiko ngajak anak-anak turun. Mana kami satu-satunya pengunjung di situ..ngga deh, lain kali aja.

Kecewa, saya tanya tukang parkir, kalo mau turun ke pantai yang bisa bawa mobil ada ngga? Dia bilang, di pertigaan deket situ, ke kanan aja ke arah Pantai Kutuh. Ok, saya ikutin petunjuknya. Balik dari Bali Cliff, pertigaan pertama saya belok kanan, ada tikungan melengkung. Sempat ngeliat ada beberapa motor bawa bule dengan papan surfing. Sip, ada kans dapet pantai bagus nih.

Setelah ngelewatin jalan yang makin sepi, terus ketemu jalan yang pinggir tebingnya udah dikeruk rata kayak di GWK. Bukit kapurnya jadi rata kayak cukuran tentara. Wah, bagus juga pemandangannya. Tapi abis itu jalan aspalnya abis, lanjut ke jalan tanah. Yah dah nanggung lanjut aja deh.

Berikutnya ketemu tebing kapur yang dikeruk membentuk gua, ada beberapa gua, dan salah satunya udah diisi patung gede banget. Di situ ada spanduk bertulisan PANTAI PANDAWA. Jadi rupanya gua-gua itu disiapin buat naruh patung para Pandawa. Hmmm kayaknya ini bakal jadi obyek wisata baru nih. Dan nanti saya pasti akan ke sini lagi, karena akan ada patung Yudhistira di sini hehe…

Ngelewatin gua-gua di tebing itu akhirnya ketemu bibir pantai. Ada banyak batu-batu pipih sangat besar, entah itu alami atau ditaruh di sana dengan sengaja, ngga tau juga.

Yang pasti banyak perumahan nelayan pencari rumput laut. Pantainya sih bagus, bersih, dan pasirnya putih halus. Di dekat situ juga ada bale bengong yang dibangun menjorok ke tengah laut. Keren pasti kalo nonton sunset di situ. Sayang ujan.

Selain perumahan kumuh nelayan itu, ada juga terselip bangunan megah kayak restoran tapi saya ngga sampai jalan ke situ. Pertanyaan saya, kemana si bule yang mau surfing itu ya?

Pulang dari sana, waktu ngumpul sama keluarga, saya cerita tentang pengalaman pantai Pandawa itu ke adik saya. Eh malah dikasih tau supaya hati-hati karena katanya daerah Bali CLiff itu sekarang agak rawan kejahatan karena sepi. Waduh, untung kemarin ngga ada apa-apa ya. Tapi dari satu blog katanya Pantai Pandawa sering dipakai syuting film atau video klip karena pemandangan tebing kapurnya keren.

Kalo mau datang ke sana, siapin mental, jangan dateng sendiri (karena sepi banget), bawa bekal makan minum karena susah nyari warung. Dan, jangan bawa sedan, karena jalan tanahnya agak-agak off road gitu🙂 Anyhow, it’s really another paradise in Bali…

UPDATE 07 Februari 2013:
Hari ini saya balik ke Pandawa Beach karena penasaran, katanya udah bagus dan ramai. Eh bener loh, jalan tanah yang dulu sekarang dah diaspal. Ptung-patungnya juga udah ada. Wah, dari pos retribusi aja udah keliatan cakep banget dah. Jalanan mulus, kiri kanan bukit kapur yang dicukur rata, depannya (ujunga jalan yang menikung) terhampar lautan lepas.

Kalau dulu saya sampai di ujung jalanan yang ada lubang untuk patung, sekarang ada jalan aspal yang belok ke kanan turun menuju pantai. Nah tempat inilah sebenarnya Pandawa Beach. Udah mulai rame di sini, katanya sejak diresmikan oleh pejabat Desember 2012 lalu.

Ternyata main di pantai ini enak banget. Airnya tenang tak berombak, dan beniiiing banget. Walau pun ada rumput laut tapi kita ngga terganggu (kalo saya akan lebih terganggu oleh sampah atau air yang keruh daripada rumput laut ini). Tadinya pengennya cuma ngecek tempat, eh akhirnya ngga tahan lalu nyebur juga. Buat anak-anak menurut saya tempat ini pas banget. Jauh lebih bagus daripada Sanur yang airnya agak bau dan jorok. Tadi sore ke Padang-padang, komentar anak saya lebih bagus Pandawa beach daripada Padang-padang ini.

Berikut foto-foto update terakhir:
image
image
image
image
image
image

Pos ini dipublikasikan di Bali, Jalan-jalan dan tag , , , . Tandai permalink.

13 Balasan ke Pantai Pandawa Bali

  1. letra berkata:

    Atas nama pribadi dan manajement Pengelola Pantai Pandawa mengucapkan terimakasih yang setinggi -tingginya atas semua upaya Bapak,Ibu,Adik yang telah membantu kami untuk memperkenalkan Pantai Pandawa kepada masyarakat Indonesia bahkan Dunia.jika nanti berkesempatan datang lagi kepandawa,saya berharap bapak,Ibu ,Adik semua bisa mampir di kantor pengelola yang ada di aula/wantilan agar kami bisa berjabat tangan memberi hormat atas bantuanya .
    Salam hormat

    Wayan Letra/081 238 151 151/081 236 530 207

  2. onietha berkata:

    wah keren,,, pasti pemain Mahabharata,,, Pandawa Oktober ini pasti datang kesini deh… sesuai namanya Pandawa hehee….

  3. Wah nice info nih Gan, rencananya awal Februari nanti saya mau membawa group dari Jakarta ke Bali dan lagi cari alternatif pantai dengan sunset selain Tanah Lot dan Kuta. BTW kondisi terakhir ini di Pantai Pandawa bagaimana Gan? Tks

  4. Ferychr berkata:

    Temen saya yang asli jakarta udah sampe sini, padahal saya yang lebih lama tinggal di bali aja blom kesana, malah ga tau.. abis liat fotonya, saya jadi ngiri juga pengen kesana,, hoho.. planning mau kesana deh weekend depan. Makasi infonya ya🙂

    ps. Beneran udah rame kan? Kalo masih rawan saya juga ngeri,, persis pengalaman dari Pantai Tegal Wangi, sepanjang jalan sepi banget, pas saya pulang menjelang maghrib, tukang parkirnya juga bilang “hati-hati di jalan mas”,, sampe saya sempat kepikiran,, hoho,, sekedar bagi pengalaman.

  5. Bima berkata:

    Skrg udah rame gan xD

  6. Fahmi berkata:

    ini pantai yang ane cari tapi gak ketemu, malah nyasar ==” ntar weekend cari lagi dah,, udah agak jelas harus lewat mana, setelah liat foto – foto disini. nice🙂

Monggo diberi komentar

