Two things you should have in your car

Tadi pagi waktu nganter anak ke sekolah, ada kejadian menarik. Saya ngga tau persisnya, tapi kira-kira kayak gini. Ada ibu yang nganter anak sekolah, ban mobilnya gembos. Lalu ada bapak-bapak lain yang baik hati bantuin si ibu ganti ban tapi malah jadi masalah. Waktu rodanya dah dicopot ternyata mobil terdorong ke depan, dongkraknya geser. Wah repot pokoknya. Dan saya memutuskan stay away out of the business. Bukan apa-apa, udah 2 orang bapak2 keringetan di sana, saya ngga akan banyak berperan.

Tapi ngeliat kejadian itu saya jadi tergelitik pengen nulis. Saya udah pake mobil sejak 2003 tapi belum pernah ngerasain yang namanya ganti ban di jalan. Bukan sombong dan mudah-mudahan ngga akan pernah ya, tapi itu berkat adanya kompresor di mobil saya. Dulu saya dapet hadiah kompresor dari kartu kredit, dan itu ternyata manfaat banget. Kalo pas mau pergi eh ternyata ban mobil kempes, saya pompa dulu pakai kompresor itu, cukup untuk bisa dijalanin nyari tukang tambal ban. Jadi saya ngga keringetan ganti ban mobil sendiri. Bisa juga pake pompa tangan sih, tapi tetep keringetan khan hehe.
Kompresor itu sendiri ukurannya kecil, makenya tinggal dicolok ke lighter mobil. Belinya di carrefour atau ace hardware, harganya sekitar 150-200 ribuan. Nah inilah alat pertama menurut saya perlu ada di mobil.

Alat kedua yang menurut saya juga perlu ada di mobil adalah inverter. Dulu saya sering diminta ngirim email padahal lagi di jalan. Mana batere laptop ngga bisa diandelin, kudu nyolok listrik, susah khan. Akhirnya saya nemu alat ini. Inverter ini adalah alat untuk mengubah arus listrik DC di mobil menjadi arus AC seperti listrik di rumah. Jadi kebalikan dengan adaptor. Inverter ini ada banyak tipenya tergantung besarnya watt yang kita inginkan. Kalau kita mau nyolok laptop, charger hape, dll bisa pilih inverter yang kecil aja. Kalau mau pake setrika juga bisa, pilihlah yang wattnya besar. Jadi enaknya pake inverter itu : nyolok listrik di mobil kayak di rumah aja, ngga perlu tambahan apa-apa lagi. Saya jadi bisa pake charger hp biasa, bisa kerja bahkan pake printer di mobil. Malah pernah pas mati listrik di rumah saya pake kabel rol dari mobil masuk ke rumah hehe.

Inverter ini juga dicolokin ke lighter. Kalau mau pake rame-rame ya tinggal tambahin colokan T. Inverter ini bisa dibeli di toko listrik, Ace hardware atau carrefour. Harganya bervariasi, makin gede wattnya makin muahal. Paling murah 90 ribuan.

Itulah 2 alat yang menurut saya sebaiknya perlu ada di mobil. Saya udah ngerasain hidup saya sangat dipermudah dengan kedua alat itu. Mudah-mudahan si ibu tadi baca tulisan ini ya, biar ngga nyusahin orang lain gitu lho.

Pos ini dipublikasikan di Intermezo, Knowledge dan tag , , , . Tandai permalink.

Monggo diberi komentar

