I know where you were last summer…Google Latitude

Dulu mantan bos saya yang orang Singapore pernah bilang, you are a real gadget freak! Hmmm ngga juga sih, tapi saya dah make Mac, Ipad, Iphone, BB, Android, GPS, sampe hape yang ada tipinya dulu saya cobain. Demikian juga dengan software/ aplikasi. Rasanya gatel kalo tau ada software tapi ngga nyoba. Walau pun kadang saya telat taunya, tapi rasanya puas kalo dah nyoba.

Dulu lagi iseng, nemu Google Latitude. Ini aplikasi dah lama, tapi buat Iphone relatif baru. Aplikasi ini ada versi buat di PC, Iphone, BB, dan Android. Seperti biasa, test di Android dulu. Download dari Market, langsung instal. Login pake akun Google. Jeng…jeng…keluar map dan ada tanda posisi saya di map itu. Terus saya download lagi di Iphone dan Ipad. Lalu Login pake akun Google yang lain. Lalu semua akun itu saya jadiin friend di Latitude. Maka semua friend itu muncul di Map.

Bingung ya? Apa sih Latitude itu? Itu adalah aplikasi Google yang mirip kayak Foursquare. Yaitu jejaring sosial berbasis lokasi. Jadi kita bisa terhubung ama temen-temen seperti layaknya di Facebook, tapi ini ada peta dan bisa liat lokasi temen-temen itu. Lalu apa bedanya Foursquare dan Latitude? Kalo Foursquare, bisa check-in di satu lokasi (bukan check in hotel loh). Sering khan kita liat status temen, just checked-in di mal, sekolah, pasar, rumah dll. Kalau Latitude, lebih dari itu. Kita bisa invite dan menambah teman, lalu bisa melihat posisi mereka di peta seperti FourSquare. Dan, kalo pake Android, kita bisa nyari jalan dari posisi kita saat ini ke posisi teman tersebut, dengan mengklik Get Direction. Beuh, hebat ngga? Gabungan antara location-based social networking dan GPS. Mantabs! Kelebihannya juga, ada penawaran-penawaran menarik dari tempat-tempat yang kita check in, misalnya McD ngasih diskon kalo kita nunjukin screen hape kita yang lagi check in di tempatnya (tapi sementara ini penawaran-penawaran itu banyakan buat di US).

Nah, saya pikir dengan menginstal Latitude di semua hape keluarga saya, saya bisa memantau mereka semua. Ternyata ada kendala. Latitude di Iphone ngga bisa update lokasi secara terus menerud, kudu manual. Bah, yang pegang hape, macam istri saya, mana mau ngupdate lokasi terus-terusan khan? Kalo Android saya bisa tuh update. Jadi kalo sore-sore anak saya ngomong di telpon, papa dah sampai di Jagorawi ya? loh kok tau? Iya, khan aku liat di Latitude…

Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Satu Balasan ke I know where you were last summer…Google Latitude

  1. swardika berkata:

    jd gak bs bohong ke anak lg ya, he knows where u r, hehe…..

Monggo diberi komentar

