Family Adventure : Phuket (3)…Phi Phi Island

Hari ini dah bangun pagi-pagi, yang pertama saya lakukan adalah tengok keluar jendela. Hah, ujan dah berenti. Asik. Saya langsung bangunin anak-anak…ayo pagi ini kita berangkat ke Phi Phi Island. Nanti jam 7 dah dijemput ama travelnya.

Abis sarapan di lantai 4, kita sempet foto-foto dulu di pinggir kolam renang. Ya, hotel 7Q ini asiknya punya kolam di atap kayak Mercure Bali, jadi kita bisa ngeliat laut walau pun di sebelah-sebelahnya padet bangunan.


Jam 7 seperempat jemputan datang. Setelah jemput satu rombongan lagi, langsung cabut ke dermaga. Ternyata dermaganya yaitu Rasada Pier jauh juga. Sampe sana, dah banyak banget yang dateng. Kita disamperin ama petugas berseragam sesuai nama kapalnya. Saya dapet Phi Phi Cruiser.

Kapal ferry yang ngga terlalu besar, dan penuh banget sampe berdiri-berdiri di geladak.


Udara sangat panas, matahari ketutup awan tebal. Dan waktu berangkat kadang gerimis datang. Untunglah selama perjalanan ujan berenti.
Pemandangan selama perjalanan, melewati pulau-pulau kecil yang cantik sekali…

Dan ternyata ferry ini sekalian singgah di Maya Bay, tapi ngga merapat, cuma berenti di kejauhan aja.

Saya bilang ini kayak teaser aja, biar penumpang tertarik lalu membeli tournya ke sana hehe. Tapi sumpah, Maya Bay ini indah banget. Mata saya sampai berkaca-kaca, Tuhan begitu luar biasa menciptakan pemandangan ini. Besok kalo ngga ujan, saya pasti akan ke sini dan mendarat di pantainya.

Setelah Maya Bay, ferry lanjut ke Phi Phi Don ngelewatin Loh Samah Bay yang juga cakep banget. Wuah, kamera saya ngga berenti kerja. Anak saya juga ngga mau kalah, motret terus pake kamera satunya.

Tak lama kemudian sampelah kita di dermaga Phi Phi Don. Ya Allah, saya terharu banget. Dari tahun 2006 saya dah bermimpi satu hari nanti saya akan ke Phi Phi. Dan hari ini saya wujudkan mimpi itu. Tapi waktu turun dari kapal sih ngga sampe pake adegan cium tanah hehehe…

Sebelum melewati jembatan, kita mesti bayar 20 Baht per orang.



Ngelewatin jembatan dermaga, saya dah bingung, gimana mau pergi ke hotelnya ya? Ransel saya beratnya naujubilah, saya ngga tau lokasi hotel, ditelponin juga kagak bisa. Eh tapi untunglah setiap hotel kayaknya punya petugas yang bawa papan nama hotelnya mejeng di ujung jembatan. Begitu liat ada nama JJ residence, wuah lega rasanya. Jadi kita ke hotel dianter ama dia, sekalian bawain ranselnya hehehe…

Dan jalannya ternyata berliku-liku masuk-masuk gang gitu. Waduh kalo disuruh jalan sendiri ngga bakal ketemu dah. Jalan di Phi Phi Don ini sempit dan ngga ada kendaraan bermotor (belakangan saya akhirnya nemu sepeda motor, mobil dan truk di daerah perbukitan Phi Phi Don. Tapi di daerah pantai ngga ada). Kayak di Gili Trawangan lah. Tapi ini lebih gede, dan lebih padet.

Hotel JJ Residence kecil, tapi kamarnya lumayan bagus. Interior dari kayu semua.

Punya kolam renang tapi kecil. Dan ternyata ngga jauh dari pantai. Tapi belakangan setelah menelusuri jalanan di Phi Phi Don, saya punya saran buat yang nyari hotel. Kalau Anda suka hotel deket tempat shopping, carilah di sekitar Tonsai. Klo suka dugem, carilah di Loh Dalum. Kalonsuka menyendiri, carilah Long Beach. Nah, JJ ini deket ama Loh Dalum. Busyet dah, berisik banget, ini lagi nulis juga masih kedengeran suara musik berdentum-dentum. Kalo belum book hotel, di ujung jembatan dermaga ada tourist information, di dindingnya ditempel macam-macam foto hotel lengkap dengan ratenya. Layak ditiru tuh, jadi turis mudah memilih.

Dan pas kita mau keluar hotel buat makan siang….ujan deras datang. Dan ngga berenti-berenti sampe sekarang. Waduh, di Phuket dihajar ujan, di sini juga…kayaknya ujan ngikutin kita pergi. Tapi emang lagi musim ujan sih di sini. Dan akhirnya kita tungguin sambil bobo siang. Sorenya ujan sempat mereda jadi gerimis kecil. Wah, semua pada keluar ke pantai.

Pantai Loh Dalum indah banget, karena berbentuk kantong melengkung dan di ujung luarnya ada bukit limestone., dan dikelilingi bukit hijau. Sayangnya nelayannya suka buang sampah sembarangan, jadi rada jorok. Pasirnya ngga halus seperti di Pangandaran apalagi Kuta Lombok. Tapi cakep bener pemandangannya.

Baru main sebentar eh ujan dateng lagi. Kami semua berhamburan balik ke hotel. Anak-anak ngelanjutin dengan berenang di hotel.

Abis mandi saya ajak mereka jalan-jalan, pake jas ujan. Saya pikir, daripada basi bengong di hotel mending jalan walau pun pake jas ujan, ya ngga.

Kita ketemu warung Thai pancake. Yang jualan imut-imut, kayak anak ABG, eh ternyata dah umur 30 taun. Kita sekalian makan malam di situ. Abis itu, menembus gerimis, kita menelusuri gang-gang yang kiri kanannya bar atau tour agent. Liat-liat dan bandingin harga, ada tour ke Maya Bay yang murah cuma 250 baht per orang, tapi ternyata naik long tail boat (kapal nelayan tapi ngga pake katir di samping-sampingnya, wuah ngeri keguling entar tuh). Ada juga naik big boat, dapet harga 1200 baht berempat. Saya bilang, let’s see tomorrow morning. If the weather is good, we go. Ya, daripada bayar sekarang trus ujan deras lagi khan?

Suasana di deket hotel, yang ternyata adalah pasar…

Ada swalayan yang jual sayuran…

Eh, ada taxi berupa gledek loh…kayak yang dipake di Jakarta ngangkut orang kalo lagi banjir hehehe…Kalo ngga kuat jalan kaki lagi, gunakan jasa ini. Tapi saya ngga tau taripnya🙂

Trus jalan lagi, ketemu yang jual-jual kaos di daerah Tonsai. Di Tonsai ini juga ada tempat makan sea food yang rame banget. Pengen coba ah besok. Jalanan ternyata melingkar dan saya kembali ke hotel lewat jalan waktu pertama kali dateng. Hmmm, mulai bisa nebak arah-arah gangnya nih. Kayak labyrin tapi timur baratnya bisa ditebak. Besok mau ngeluyur lagi ah. Malam ini pengen liat orang dugem sebenernya, tapi ujan ini loh yang bikin males. Akhirnya, ya saya nulis cerita ini hehehe…anyhow…I love Phi Phi…so much!

Pos ini dipublikasikan di Jalan-jalan dan tag , , , , , . Tandai permalink.

Monggo diberi komentar

