108: Maaf sepertinya belum terdaftar…

Ada yang pernah menghubungi 108 dalam setahun terakhir ini ? Kayaknya dah mulai jarang deh. Memang sekarang informasi tentang nomer telepon lebih banyak dicari di Internet, atau nanya ke temen. Saya sendiri udah lamaaa banget ngga pernah nelpon ke 108, sampe siang ini saya coba nyari satu nomer telepon di Bogor ke 108.

Selamat siang mbak, saya mau nanya nomer telepon Warso Farm dong.
Baik pak, boleh dieja nama tempatnya?
(asem dah, si mbak emang ngga tau nama Warso Farm yang tersohor itu ato emang dah prosedur?)
Saya eja…terus dia bilang, hmmmm sebentar pak ya. Terus dia cek ke komputernya, kasak-kusuk ama temennya, lamat-lamat saya denger temennya juga bilang ngga tau. Dan setelah menunggu hampir 1 menit, dia menjawab, maaf pak, Warso Farm itu belum terdaftar di sini.

Waduh….ampun deh. Sebenernya nomer telpon Warso itu saya dah dapet di Internet, cuma sepertinya semua yang nulis itu maen copy paste nomernya yang sejak dahulu kala. Ternyata nomer telepon Bogor berubah, ditambah 1 digit angka 8 di depan. Pantesan ngga bisa dihubungi. Saya juga baru tau itu setelah ngubek-ngubek Google lagi karena ngga puas sama sekali ama jawaban si mbak (btw, nomer telp Warso Farm yang bener : 0251 8211343).

Kesan saya sama 108 cuma 1 : keseeeel banget. Dari dulu kok belum berubah juga. Sori ya, mungkin yang baca ada kaitan entah kerja di sana atau punya saudara di sana. Tapi bener, saya kesel banget. Banyak kejadian mengesalkan dengan 108 ini, saya sebutin ya berdasarkan pengalaman saya beberapa tahun terakhir tapi hari ini saya masih mengalaminya.

Pertama, kayak tadi, dibilangnya ngga terdaftar. Karena sering kali nama yang terdaftar sebagai pelanggan telepon dengan nama tempatnya beda. Misalnya Warso Farm itu, mungkin terdaftarnya atas nama pemilik. Tapi saya ngga terima loh, karena setau saya Telkom sudah berusaha menambahkan nama tempatnya (nama popular), jadi rasanya ngga mungkin kalo nama setenar itu sampe belum terdaftar.

Kedua, 108 sering salah ngasih nomor. Perusahaan yang udah ganti nomor, udah pindah alamat, tapi datanya masih aja yang lama yang dipakai di 108. Saya bingung. Dulu taun 2003 saya pernah terlibat kerjaan yang terkait dengan update data pelanggan telepon, yang juga mengupdate data 108. Setau saya Telkom rajin ngirim update data. Tapi kenapa kok nomer telepon yang nongol itu lagi itu lagi.

Ketiga, petugas yang nerima telepon sekarang kurqng pengetahuan dan wawasan gitu. Sori ya, tapi ini kenyataan. Dulu, saya bisa nanya arah jalan ke petugas 108. Bayangin, saya nelpon ke 108 nanya, jalan Ikan Paus itu ada di mana. Eh dia bisa nunjukin saya mesti lewat mana. Hebat! Sekarang? Warso Farm aja bisa ngga tau.

Keempat, responnya lama. Kalo kita lagi buru-buru, lagi keabisan pulsa, mesti disuruh nunggu lagi. Dah gitu nomernya salah lagi, atau ngga ada. Keselnya dah numpuk tuh.

Jadi, akhirnya, buat apa ada 108? Mungkin tidak semua kejadiannya akan seperti di atas, tapi 108 akan jadi pilihan terakhir untuk bertanya. Saya juga, setelah ngga dapet di Internet baru nyari ke 108. Jadi, nanti kalo saya bisa dapetin semuanya dari tempat lain, buat apa ada 108?

Mudah-mudahan bisa diperbaiki ya. Sayang, nama besar 108 akan ngga dianggep lagi karena kasus-kasus seperti itu. Saya berharap satu saat nanti malah bisa nanya tempat makan ikan bakar yang enak di Cibubur dan si mbaknya bisa menjawab dengan cepat, akurat dan lengkap…

Pos ini dipublikasikan di Intermezo dan tag , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke 108: Maaf sepertinya belum terdaftar…

  1. morin mega berkata:

    betul,telkom ga Bermutu! habis” kan pulsa! tutup aja tuh telkom! masa setiap kali telpon ke 108, di suruh nunggu bermenit menit…yg pada akhirnya di tutup.sekali waktu di katakan ” maaf tidak mendengar suara, padahal sudah kenceng banget nih.apa staff telkom pada rusak tuh telinga? karena kena radiasi.payahhh…

Monggo diberi komentar

