Berburu tiket murah si AA tea…

Awalnya dari perburuan tiket saya ke salah satu negara Asean, akhirnya saya nemu aplikasi di Ipad buat nyari tiket flight domestik. Trus Senin pagi iseng-iseng nunjukin ke istri, eh ada loh flight buat taun depan ke Yogya cuman 125 ribu. Ini bukan harga biasa karena pas dapet jadualnya hari libur kejepit, biasanya airlines pasti jual mahal khan. Ih mau lah, katanya. Ya udah nanti aku beli.

Dah gitu lagi iseng siang-siang nengok-nengok websitenya si AA yang legendaris sebagai low cost carrier itu, lah kok ada big sale. Waduh, langsung cek ke jurusan Jogja di tanggal libur itu, harganya tetap 125. Trus telp ke istri, eh daripada bayar pake kartu kredit dicharge sampe 220 ribuan, mending pinjem klikbca temen, ngga kena charge. Tapi kudu cepet transaksinya ya biar ngga angus. Abis nelp, tu tiket yang harga 125 dah lenyap, naik jadi 175. Asem! Untungnya yang flight berikutnya masih ada yang 125. Langsung buru-buru bilang ke istri buat ngejar temennya itu. Waduh mana dia lagi meeting. Saya sambil naik angkot terus memonitor harga tiket. Begitu sampe UKI turun angkot langsung masuk ke kantinnya dan buka laptop. Cek harga lagi. Waduh, yang kepulangannya sekarang yang lenyap, mesti yang flight berikutnya. Tambah deg-degan, untunglah istri bisa menghubungi temennya itu dan berhasil saya blok transaksinya dan setelah dibayar oleh temennya itu kita dikonfirmasi dapet tiket harga segitu. Jadi totalnya plus tax dan surcharge sekitar 250 ribuan pp. Lumayan lah ya. Lain kali mungkin si AA tea ada promo lebih murah lagi ya biarlah. Paling ngga harga segini buat saya dah murah.

Malam ini, ngga bisa tidur, iseng nyambangi websitenya si AA tea lagi. Coba cari Jakarta-Bali. Saya mulai dari periode terbang yang dia bikin promonya (6 feb – juni 2012). Saya klik terus next day…next day..sampai akhirnya ha! Ada tiket seharga 22.727 (ya, cuma 22 ribuan) sekali jalan. Itu di tanggal 10 april, pulangnya tanggal 14 april juga ada harga segitu. Wah lumayan nih, total plus tax cuma 60 rebu. Tapi baru teringat, saya ngga ada klikbca. Waduh, kalo pake kartu kredit, kudu nambah 55 rebu. Sayang ya…lagi mikir-mikir, ambil ngga ya….ah, ambil aja deh. Begitu saya refresh, sialaaaan…tiket itu dah lenyap. Asem, ada juga yang begadang kayak saya nyari tiket. Ya sudah lah, bukan rejeki saya.

Saya jadi teringat dulu tahun-tahun 2005an sampe 2007an saya tiap taun pasti dapet tiket gratis Rp. O. Dan dari pengalaman saya di atas, saya mau share di sini, karena kemarin ada temen juga yang penasaran, gimana sih dapetin tiket murah si AA itu. Tapi ini menurut opini saya loh ya, mungkin aja ada yang beda atau ngga bener.

Pertama, niat perginya dulu. Kalo udah takut aduh nanti bisa cuti ngga ya, nanti ada kerjaan gimana….udah deh forget it. Kenapa? Karena kita ngga tau yang tanggal berapa dapet tiketnya yang bener-bener murah. Dan biasanya si AA dah tau duluan tanggal-tanggal libur, jadi dia ngga akan kasih tiket murahnya di tanggal itu. Kecuali kayak cerita saya di atas yang ke Jogja ya, pas bener dapet tanggal libur panjang. Jadi pendekatannya, keberangkatan kita menyesuaikan dengan tiket murahnya. Mengenai tujuan juga, kadang kalo kita udah tetepin tujuannya tapi ngga ada tiket murah, mungkin kita bisa coba rute tujuan yang lain. Niatnya khan mau liburan murah, jadi tujuannya diubah ngga papa dong, menurut saya loh.

Kedua, harus nguasai cara pembelian tiket di website. Dari pengalaman saya, cara yang cepat adalah :
1. Buat account member di AA. Jdi sebelum kita mulai mencari tiket, kita sudah login dulu. Tujuannya supaya data-data yang nanti harus diisi udah terisi duluan jadi bisa menyingkat waktu (lumayan lama loh ngisi data kontak dan guest segala macem).
2. Kalo kita biasa pergi sama keluarga, daftarkan data keluarga di profile member kita di AA. Nanti waktu ngisi guest, kita tinggal centangin jadi ngga usah ngisi data lagi. Sangat menghemat waktu.
3. Ini yang paling penting : pembayaran. Si AA ngasih 3 pilihan, pake kartu kredit, e-gift voucher, atau debit bca/ niaga. Kartu kredit kena charge Rp. 27.500 per tiket (kalo pp berarti kali 2). Lumayan loh, tadi tuh saya tiket berempat bisa kena 220 ribuan. E-gift voucher cuma bisa didapet dari AA, jadi forget it. Debit itu artinya pake internet banking. Cuma ada 2 pilihan yaitu Klikbca atau ibanking CIMB Niaga. Nah, pastikan dan siapin dulu cara pembayaran yang mau kita pakai. Jangan kayak saya tadi, sibuk nyari-nyari temen, akhirnya lenyap deh tiketnya.

Kalo itu dah siap semua, mulailah perburuan kita. Mulai dengan mengklik banner iklan di websitenya, karena di sana biasanya ada menu seat availability. Liat jurusan mana yang masih available (warna ijo), mana yang dah mau abis (kuning) dan mana yang dah abis tiket promonya (merah). Tempat tujuan kita masih available ngga. Kalo ngga, mau pilih tujuan lain ngga. Kalo dah milih, terus kita mulai mengisi kota asal, tujuan, tanggal berangkat dan pulang dan jumlah orang yang berangkat.
Kalo kita ngga punya tanggal pilihan, ya mulai aja dari tanggal awal yang AA promo. Begitu muncul harganya, cek apakah harga ini yang terendah (di bannernya biasanya dia sebutin tuh, misalnya Jakarta-Bali mulai Rp. 30 ribu). Kalo ngga ada ya mesti bandingin antar tanggal. Kita klik aja next day…next day…sampe muncul eng ing eng….ada harga 22.727. Liat tanggal dan harinya. Nah, berani ngga pergi di hari kerja. Ah, jangan kelamaan mikir. Hidup hanya sekali, dapet tiket murah juga mungkin sekali ini. Embat ajah!
Selanjutnya ya prosedur beli tiket biasa, isi data guest (kalo dah login ya tinggal klik add guest aja), oya inget kita bisa milih beli bagasi ngga. Maksudnya kita nanti bawa barang di bagasi atau ditenteng ke kabin. Jangan lupa ganti pilihan bagasi karena defaultnya kita beli yang 20 kg (harganya lumayan bo). Abis itu muncul menu milih kursi, tambah 18 ribu atau bisa di-skip nanti milihnya waktu check in aja. Trus ditawari asuransi sebesar 55 ribu, klik cancel kalo ngga mau beli. Abis itu baru menu pembayaran. Cek sekali lagi jumlah yang harus dibayar. Kalo pake kartu kredit ya masukin aja nomernya. Kalo pake debit, masukin userid internet bankingnya, terus buka jendela baru untuk bertransaksi di internet banking. Kalo dah selesai bayar, kita dikirimin emal itinerary e-ticketnya. Done! Have a nice holiday!

Pos ini dipublikasikan di Jalan-jalan dan tag , , , . Tandai permalink.

Monggo diberi komentar

