Jalan-jalan ke Pantai Pangandaran (1)

Pilihan berwisata mengisi liburan anak-anak sebenernya ada 2 yaitu ke Tidung dan Pangandaran. Sebelumnya saya lebih tertarik ke Tidung, tapi kok dari komentar-komentar terakhir orang yang pergi ke sana, katanya mulai banyak sampah, saya mulai ngga sreg. Akhirnya mutusin, ke Pangandaran aja ah.
Jakarta – Pangandaran jaraknya sekitar 250 km, kata orang kalo nyantai ya sekitar 8 jam perjalanan lah. Jadi sekalian saya mau jajal anak-anak kuat ngga di mobil selama 8 jam-an.

Akhirnya hari ini, jam setengah 6 pagi mulai ninggalin rumah. Berpasrah kepada GPS, saya ikuti aja apa kata dia, perjalanan pun lancar. Jalannya juga nyantai, bahkan sempat agak tersendat waktu selepas Tol Cileunyi karena ada perbaikan jalan. Di Nagrek juga agak pelan. Jam makan siang, saya tertarik ngeliat iklan di sepanjang jalan. Ayam Bakar Rumah Makan Pringsewu…Gurame bakar Pringsewu…Es Duren Pringsewu…kayaknya tiap 200 m ada iklannya ni restoran. Jadi penasaran, apa hebatnya resto ini. Tapi ternyata resto ini ngga kita lewatin kalo ke Pangandaran. Padahal dah belok ke arah Pangandaran, saya bela-belain balik arah dan belok ke arah Jawa Tengah hanya untuk njajal resto ini. Setelah 11 km lagi baru nemu ni resto. Ternyata oh ternyata, iklannya banyak dalam rangka masuk rekor MURI untuk iklan terbanyak sepanjang ratusan km. Hebat! Orang kayak saya bisa dibikin penasaran sampe bela-belain sampai nyeberang lewati perbatasan ke Jawa Tengah demi resto ini. Tapi worth it kok, makanannya enak. Anak-anak juga suka.
Waktu mau jalan lagi, anak saya bilang, papa aku seneng, ini pertama kali aku ke Jawa Tengah…oalah anakku, sori ya kamu kali ini ke Jawa Tengah cuma numpang makan dan toilet doang. Saking senengnya dia, waktu kami lewat gapura perbatasan ke Jawa Tengah dia minta di foto di situ hahaha,,,

Perjalanan sisa 66 km lagi tapi jalannya keriting jadi ngga bisa ngebut. Alhasil kami baru masuk Pangandaran jam 3 sore. Tadinya serasa badan dah remuk karena nyetir dari setengah 6 pagi, eh tapi masih sanggup main di pantai. Jadi setelah check in kami langsung main ke pantai di depan hotel.

Kami nginap di Hotel Century di pantai barat. Hotel ini kecil, kamarnya dikit, bergaya minimalis dan keliatannya masih cukup baru. Kamarnya lumayan lega, ada AC, TV, shower panas dingin. Semalam untuk kamar standar 300 rb, family room (2 queen bed) 450.
Enaknya sih depannya langsung pantai, jadi abis berbasah-basah main di pantai bisa langsung lari ke hotel buat bilas.

Sore ini kami habiskan bermain di pantai. Anak-anak seneng banget, pantainya ombaknya cukup gede, pasirnya lembut banget. Kayak di Kuta lah. Sayang sore ini berawan jadi ngga ngeliat sunset.

Terus malamnya kami makan sea food di pantai timur. Oya, Pangandaran itu ada pantai barat yang bisa buat bermain-main, dan pantai timur yang banyak nelayan dan ngga bagus buat main. Dari pantai barat ke timur cukup jalan kaki aja kok. Jadi sebaiknya nginapnya di pantai barat, kalo mau makan sea food, kita ke pantai timur. Tadi kami makan di RM Sarimbit. Dipilih karena males muter-muter nyari tempat, kebetulan ini deket ya udah jadi. Pesan 1 bawal 6 ons dan udang 1/2 kg + kangkung ternyata cukup buat makan berlima ma anak-anak. Sambal kecapnya enak, udang goreng tepungnya enak banget.

Kesan saya di hari pertama di Pangandaran, pantainya bagus, kalo dibandingin ama Carita, di Pangandaran lebih enak pasirnya karena bentangan pantainya lebih luas. Tapi jalan-jalannya sempit, berdebu dan berkesan semrawut. Memang masih jauh kalo dibandingin ama Kuta ya, tapi dibandingin ama Anyer – Carita pun masih kalah bersih. Dan jalan menuju Pangandaran itu lho, ampun dah, bikin rontok kaki-kaki mobil. Ngga berlubang sih tapi keriting jadi kalo dihajar terus mobil jadi joget gila-gilaan khan. Mudah-mudahan pemda bisa membenahi infrastrukturnya ya, biar orang luar semakin suka datang ke sini.

Next day, mau ke Green Canyon. Semoga ngga ujan…uaah badan dah capek banget tapi maksain nulis biar ngga ada yang terlupa…good night…

Pos ini dipublikasikan di Jalan-jalan, Keluarga dan tag , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Jalan-jalan ke Pantai Pangandaran (1)

1. Edi Subarka berkata:

Pangandaran memang ngangenin… pantai barat selain bisa buat renang, naik perahu juga menyelam…. wah pokonya asyiiik dah. Penasaran…? silakan datang…….

2. Dear Swardika

Terimakasih telah berkunjung dan sengaja datang ke Resto Kami.. Kami merasa sangat tersanjung, bahwa menu, pelayanan kami mengena dan membuat pelanggan kami tercinta terpuaskan. Kami harap suatu saat dapat bertemu kembali dengan anda dan keluarga. Salam hangat dari Seluruh Mitra Kerja kami untuk anda & Keluarga, terutama si Kecil🙂 (dapat kartu sulap kan kemaren Dek..?? (^__~)
    Sekali lagi terimakasih, & sampai bertemu kembali.