Flona 2011

Setelah ngajak anak-anak nonton badminton di Istora kemarin, hari ini saya ajak mereka ke pameran Flona (Flora & Fauna) 2011 di Lapangan Banteng. Acara ini rutin diadakan setiap tahun untuk meramaikan perayaan Hut kota Jakarta. Pameran dibuka dari tanggal 21 Juni – 25 Juli, dari Jam 8 pagi sampai jam 8 malam (kalo Sabtu Minggu sampai jam 9 malam).

Setiap taun kami juga selalu dateng ke sini. Kalo mamaknya anak-anak suka nyari taneman, saya dan anak-anak seperti biasa suka nyari faunanya terutama ular. Seperti hari ini, berhubung istri ngga ngikut jadi kita langsung celingukan nyari stand yang jual hewan piaraan. Stand fauna ngumpul di deket gerbang yang seberangan ama kantor depkeu. Tapi begitu ketemu, kami kecewa berat. Kok kayaknya semakin sedikit ya yang jualan fauna di pameran ini.

Tiga empat taun yang lalu stand fauna berjejer banyak banget. Fauna yang dijual juga beraneka macam, dan kami suka ngeliat ular yang dikalungin di leher jadi bisa dipegang-pegang atau nyoba dikalungin di leher sendiri. Tapi sekarang? Halah, semuanya di kandang berkaca. Dan standnya ngga terlalu banyak. Ada yang jual kelinci (paling banyak tuh), ikan koi (cuma 1 stand, bikin kecewa berat), reptil ular dan biawak (cuma 3an stand), ayam serama mini (1 stand), burung dan kelomang. Ularnya bagus-bagus sih cuma kecil-kecil dan jenisnya kebanyakan sanca dan boa. Tadi dah dirayu-rayu buat beli baby phyton, warnanya bagus banget. Tapi kalo saya beli pasti akan terjadi keributan besar di rumah hehehe…nanti lah kalo dah punya rumah dengan halaman luas, biar ularnya ditaruh jauh-jauh.
Oya, binatang baru yang tumben muncul di sini adalah salamander dan berbagai macam tokek (bagus-bagus loh tokeknya, ngga menakutkan kayak yang sering kita liat di rumah kosong gitu).

Selain fauna, paling banyak emang yang jualan flora. Tanaman hias seperti aglonema, sanseviera, anggrek, adenium, dll serta tanaman buah tapi kayaknya sama ama yang di tukang taneman hias deket rumah. Hmm, ngecek lagi harga Jambu Bol Jamaika, tadi ditawarin 1,2 jt untuk tinggi 2 m lebih. Beu, entar entar aja lah. Oya ada yang unik, tanaman mangga 3 in 1, tiga rasa dalam satu pohon (maksudnya bukan rasa sepet, manis, asem, tapi ada mangga manalagi, golek, arum manis dalam satu pohon). Hebat ya, tapi itulah jahatnya manusia, suka mengubah kehidupan makhluk hidup lain untuk kepentingan kita sendiri.

Kesan saya pameran kali ini ngga terlalu istimewa, bagusan taun lalu. Yang taun lalu ada pameran satwa dari bonbin Ragunan, kali ini menghilang. Juga stand pameran berupa rumah adat juga menghilang. Ah pokoknya ngga seru deh. Mending ke Istora nonton badminton…

Pos ini dipublikasikan di Jalan-jalan, Uncategorized dan tag , , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Flona 2011

  1. obat_HEPATITIS berkata:

    Betul, tahun ini sepi dibanding tahun lalu. Mungkin karena pas bulan2 banyak kebutuhan anak2 sekolah sama menyambut bulan Ramadan

    • swardika berkata:

      Mungkin juga karena ngga ada booming tanaman tertentu ya…kaya dulu ada aglonema, sanseviera, dlll bikin orang pada nyari atau penasaran…

Monggo diberi komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s