Penyayang binatang

image

image

Senangkah punya anak yang sangat sayang binatang? Binatang apa aja. Kucing, ikan, burung, ular, sampai undur-undur.

Anakku itu mungkin terbentuk karakternya seperti itu karena sejak kecil saya biasakan menyenangi dan tidak takut binatang. Dulu pernah di pameran flora fauna dia ditanggep ama petshop yang jual ular. Dikalungin ular sanca, buat narik minat pengunjung. Ayo pak, bu…ngga usah takut, nih anak ini aja berani. Dan terbukti pancingannya berhasil. Termasuk saya yang dulu jijay banget pegang ular, akhirnya pasrah dikalungin sanca bule. Hampir saya beli malah, kalo ngga pembantu saya ngancam mau resign kalo saya tetep beli tu binatang.

Anyway, tiap Sabtu anakku pasti minta ikut kalau saya nganter adiknya ekskul soccer di sekolah. Kenapa? Karena dia mau ngasih makan burung di sekolahnya. Ya, setiap kelompok di kelasnya diberi sepasang burung merpati untuk dirawat. Ini mengajarkan anak bertanggung jawab dengan memberi makan dan membersihkan kandangnya. Nah anakku selalu kepikiran burungnya akan kelaparan di hari Sabtu Minggu. Jadilah dia ikut saya ke sekolah tiap Sabtu.

Hari ini makanan burungnya abis. Liatin dia sedih gitu ngga tega deh. Akhirnya pergi keluar beli makanan burung. Setelah itu dia asik ngasih makan burung-burung itu. Saya tertarik ikutan nyoba ngasih makan dengan naruh jagung di tangan dan burung-burung datang ngerubung. Ternyata sangat mengasikkan. Ah anakku, satu lagi kamu berikan pelajaran untukku…

Hmmm…semakin kuat niat saya mengarahkan dia untuk kelak kerja di NatGeo Wild atau Animal Planet atau BBC Knowledge. Tapi yah, Tuhan yang ngatur khan ya. Anak itu khan titipanNya, bukan milik saya. Adalah kewajiban saya untuk menjaga dan memelihara titipan itu tanpa ada hak untuk membentuknya sesuai keinginan saya, apalagi menuntut kelak dia harus membalas semua yang telah saya berikan.

Pos ini dipublikasikan di Keluarga, Renungan dan tag , , . Tandai permalink.

Monggo diberi komentar

